3 CARA MENENTUKAN STRATEGI BISNIS

3 CARA MENENTUKAN STRATEGI BISNIS

Apakah sobat memiliki bisnis? dan apakah sobat menginginkan bisnis sobat bertahan sesuai dengan keinginan sobat?siapa sih yang tidak mau untung dengan bisnis yang dibangunnya? apalagi perhatian terhadap bisnis yang sobat bangun tidak sedikit, bahkan sampai mengorbankan banyak waktu dan uang. 

pada artikel kali ini saya ingin memberikan tips 3 cara menentukan strategi bisnis secara umum dan kemudian semua keputusan akan dikembalikan kepada sobat sekalian.

strategi bisnis adalah serangkaian rencana dan tindakan terintegrasi yang  didesain bagi perusahaan sebagai sarana untuk memperoleh keuntungan melebihi pesaingnya sekaligus untuk memaksimalkan laba. jadi secara umum sobat harus memiliki strategi dalam berbisnis untuk memaksimalkan laba perusahaan sobat dan melampaui pesaing.
 
secara umum ada 3 cara menentukan strategi bisnis yaitu :

A. Strategi Biaya Rendah, adalah strategi yang dipakai oleh perusahaan untuk mendesain atau menghasilkan produk/jasa dengan kualitas yang diterima konsumen pada biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan para pesaingnya.

contohnya nih sobat pernah gak minum big cola?? itu tuh minuman yang murah rasanya beneran kaya cocacola
yang fanta ya rasa fanta juga coba bandingkan dengan coca cola yang harganya lebih mahal, kebetulan waktu lebaran kemarin saya pernah ingin membeli soft drink buat sajian lebaran, saya sempat bingung ternyata coca cola 1,5 liter harga Rp. 22.000, sementara big cola 3,1 liter hanya Rp. 15.000, tentu saja dengan pilihan yang amat bijak maka saya dengan senang hati memilih big cola, sudah rasa enak, hemat dan lebih banyak isinya.,hehehe

perlu sobat ketahui bahwa perusahaan dapat mencapai biaya yang rendah dengan berbagai cara seperti:
menerapkan pengendalian anggaran yang ketat, penggunaan program pelatihan yang modern, penerapan teknologi manufaktur yang sederhana dan menjalin hubungan dengan pemasok (supplier) yang akan menghemat biaya.

alasan utama sebuah perusahaan melakukan strategi biaya rendah adalah karena kemungkinan para pesaing akan mencapai biaya yang lebih rendah dengan meniru atau mengembangkan kemajuan teknologi

B. Strategi Differensiasi. adalah strategi yang dipakai oleh perusahaan dengan mendesain dan menghasilkan produk atau jasa yang memiliki kekhususan atau karakteristik yang unik. kondisi yang demikian membuat konsumen bersedia membayar dengan harga yang lebih tinggi. dibandingkan harga umum. agar strategi ini berhasil, sebuah produk/jasa harus benar benar unik dalam hal kualitas, keandalan dan citra,
 
contohnya nih, black berry pernah membuat handphone kelas atas berbalutkan emas yang ditujukan bagi orang orang yang ingin tampil beda dan lebih elegan padahal kita tau kalo fasilitas yang ada di blackberry ya paling sebats bbm,mp3 kamera,internet yang sebenarnya itu semua bisa didapatkan oleh perangkat biasa yang sedang beredar di kala itu.

perlu sobat ketahui perusahaan yang menggunakan strategi differensiasi sering menggunakan sistem informasi untuk mencakup dan menganalisis perilaku dan pilihan konsumen.

perusahaan dapat meningkatkan differensiasi produknya dengan investasi dalam teknologi manufajtur dan pelayanan kepada konsumen. bahkan beberapa perusahaan menggunakan usaha pemasaran dan penjualan untuk mempromosikan perbedaan diantara produknya. 

C. Strategi Kombinasi (strategi biaya rendah dan differensiasi)

jadi pada intinya perusahaan yang menerapkan strategi ini mendesain atau menghasilkan produk atau jasa yang unik dan berbiaya rendah.

perlu sobat ketahui bahaya yang sering dihadapi oleh perusahaan yang menggunakan strategi kombinasi adalah produknya mungkin tidak cukup memuaskan sampai ke konsumen akhir. hal ini dikarenakan produk yang telah terdifferensiasi tidak akan mampu menjadi pemimpin harga yang murah dan pada saat yang sama produk tersebut tidak cukup terdifferensiasi untuk membuat konsumen mau membayar dengan harga yang mahal.

dengan kata lain bisa saja perusahaan tersebut berhenti ditengah jalan.

demikianlah 3 cara menentukan strategi bisnis bila sobat memiliki pertanyaan sobat dapat mengisi list komentar yang telah tersedia.
salam sukses jadilah insan mandiri tangguh dan terus jaya!!


ads

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.